Resep Nasi Goreng Abang Gerobak

Bahan-bahan:




  1. Nasi putih 500 gram

  2. Bawang merah 5 siung

  3. Bawang putih 3 siung

  4. Cabai merah besar 2 buah

  5. Cabai rawit 5 buah

  6. Telur ayam 2 butir

  7. Ayam suwir 100 gram

  8. Sosis 2 buah

  9. Garam secukupnya

  10. Gula pasir 1 sendok teh

  11. Kecap manis 2 sendok makan

  12. Minyak goreng secukupnya

  13. Bawang goreng secukupnya



Cara membuat:



Pertama-tama, cuci bersih bahan-bahan yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit. Kemudian iris tipis bawang merah dan bawang putih. Setelah itu, potong-potong cabai merah besar dan cabai rawit. Selanjutnya, suwir-suwir ayam sebelum dimasak.


Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan cabai merah besar dan cabai rawit yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk hingga merata.


Setelah itu, masukkan ayam suwir dan sosis yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk hingga merata. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Kemudian, masukkan nasi putih dan aduk-aduk hingga merata.


Pecahkan dua butir telur ayam ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga merata. Tambahkan kecap manis dan aduk-aduk kembali hingga merata. Terakhir, taburkan bawang goreng di atas nasi goreng abang gerobak yang sudah matang.



Nilai gizi:



Meskipun nasi goreng abang gerobak mengandung banyak kalori, namun makanan ini masih mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam satu porsi nasi goreng abang gerobak, terdapat kira-kira:



  • Kalori: 471 kalori

  • Protein: 15 gram

  • Lemak: 17 gram

  • Karbohidrat: 65 gram

  • Natrium: 495 miligram

  • Kolesterol: 131 miligram


Nasi goreng abang gerobak dapat menjadi makanan yang lezat dan bergizi jika dikonsumsi secara seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh tetap sehat dan bugar.


close