Resep Soto Ayam untuk Balita yang Lezat dan Bergizi

Bahan-bahan:




1 ekor ayam kampung

2 liter air

5 lembar daun jeruk

2 batang serai, memarkan

2 ruas jari jahe, memarkan

4 siung bawang putih, memarkan

2 sendok teh garam

1 sendok teh merica bubuk

1 sendok teh kaldu ayam bubuk

2 sendok makan minyak goreng

2 buah kentang, potong dadu kecil

100 gram taoge, bersihkan

2 batang seledri, iris halus

2 sendok makan bawang goreng

2 butir telur ayam, rebus dan iris menjadi 4 bagian



Cara membuat:




1. Rebus ayam dalam air mendidih bersama daun jeruk, serai, jahe, dan bawang putih sampai empuk. Saring kaldu, pisahkan daging ayam dari tulangnya dan suwir-suwir.

2. Tambahkan garam, merica bubuk, dan kaldu ayam bubuk ke dalam kaldu ayam. Aduk rata dan masak sebentar.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis kentang sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

4. Rebus taoge dalam air mendidih selama 1-2 menit. Angkat dan tiriskan.

5. Siapkan mangkuk, tata daging ayam suwir, kentang goreng, taoge, dan seledri iris di dalamnya. Siram dengan kuah soto ayam. Tambahkan bawang goreng dan irisan telur rebus.

6. Sajikan soto ayam untuk balita selagi hangat.



Nilai gizi per porsi:




Kalori: 300 kkal

Karbohidrat: 25 g

Protein: 27 g

Lemak: 10 g

Serat: 5 g

Kalsium: 50 mg

Zat besi: 3 mg



Soto ayam adalah salah satu makanan khas Indonesia yang disukai banyak orang, termasuk balita. Soto ayam yang disajikan dengan kuah kaldu ayam hangat, daging ayam suwir, kentang goreng, taoge, dan bawang goreng memang terasa begitu lezat dan menggugah selera. Namun, tidak semua soto ayam cocok untuk dikonsumsi oleh balita, terutama jika mengandung banyak bumbu dan penyedap buatan yang kurang sehat. Oleh karena itu, berikut ini adalah resep soto ayam untuk balita yang lezat dan bergizi.



Bahan-bahan yang digunakan dalam resep soto ayam untuk balita ini adalah ayam kampung, daun jeruk, serai, jahe, bawang putih, garam, merica bubuk, kaldu ayam bubuk, minyak goreng, kentang, taoge, seledri, bawang goreng, dan telur ayam. Semua bahan tersebut mudah didapat di pasar atau supermarket terdekat.



Cara membuat soto ayam untuk balita ini sangat mudah. Pertama, rebus ayam dalam air mendidih bersama daun jeruk, serai, jahe, dan bawang putih sampai empuk. Kemudian saring kaldu, pisahkan daging ayam dari tulangnya dan suwir-suwir. Tambahkan garam, merica bubuk, dan kaldu ayam bubuk ke dalam kaldu ayam. Aduk rata dan masak sebentar.



Kemudian, panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis kentang sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Rebus taoge dalam air mendidih selama 1-2 menit. Angkat dan tiriskan. Siapkan mangkuk, tata daging ayam suwir, kentang goreng, taoge, dan seledri iris di dalamnya. Siram dengan kuah soto ayam. Tambahkan bawang goreng dan irisan telur rebus. Soto ayam untuk balita siap disajikan selagi hangat.



Selain lezat, soto ayam untuk balita ini juga cukup bergizi. Setiap porsi soto ayam mengandung kalori 300 kkal, karbohidrat 25 g, protein 27 g, lemak 10 g, serat 5 g, kalsium 50 mg, dan zat besi 3 mg. Kandungan nutrisi tersebut sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang balita yang sehat dan optimal.



Itulah resep soto ayam untuk balita yang lezat dan bergizi. Dengan mengikuti resep ini, Anda dapat membuat soto ayam yang aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh balita. Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi resep ini dengan menambahkan sayuran atau bahan lain sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisi balita Anda. Selamat mencoba!


close